Friday, July 21, 2017

Nice Homework #8 : Misi Hidup dan Produktivitas

Pada NHW #8 kali ini, peserta matrikulasi diminta untuk lebih menggali dan menerapkan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Saya memilih mendalami salah satu dari ranah akitivitas SUKA dan BISA yang telah saya tuliskan pada NHW #7, yaitu "menjadi stay at home mom".

Baca : Nice Homework #7 : Tahapan Menuju Bunda Produktif

Saya bersyukur sekali, bahwa dibalik latar belakang saya yang sebelumnya adalah ibu pekerja di ranah publik, saat ini saya justru memilih untuk menjadi stay at home mom. Sedari kecil, rumah kami hampir selalu didampingi oleh pekerja rumah tangga yang siap membantu sebagian pekerjaan domestik. Oleh karena itu, banyak diantara aktivitas ke-rumah tangga-an yang tidak saya pahami seluk beluknya. Dan saya memilih untuk mempelajarinya dari 0. Tidak mudah memang memantapkan hati pada pekerjaan yang 'tidak bergengsi' macam ini. Tapi sungguh, bagi saya ibu rumah tangga yang cekatan dan serba bisa itu KEREN! saat mengingat cita-cita inilah mata saya berbinar-binar. Di ladang amal inilah saya akan sebanyak-banyaknya mencari pahala :)

BE (Saya Ingin Menjadi Apa?)

Menjadi ibu cekatan. Dalam bahasa Jawa biasa disebut prigel. Pada NHW #7 saya spesifik menuliskannya sebagai stay at home mom. Dan dalam bahasa IIP disebut Ibu Profesional :D . Mengenai hal ini pernah secara detail saya jelaskan pada NHW #1.

Baca : Nice Homework #1 : Menjadi Ibu Cekatan


DO (Apa yang Ingin Saya Lakukan?)


  • Saya ingin selalu meningkatkan kapasitas diri dan belajar banyak hal yang mendukung agar cita-cita saya terwujud. Tidak hanya mahir teori, tapi juga belajar banyak dari pengalaman orang lain dan mempraktikkannya dengan baik
  • Saya ingin mewarisi nilai-nilai dan kebiasaan baik yang bisa dicontoh oleh anak saya kelak
  • Saya ingin bermanfaat bagi orang lain, saat ini kemampuan yang saya miliki adalah sharing tulisan. Saya berharap dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, ada banyak hal lain yang bisa saya lakukan untuk kebermanfaatan sesama.

HAVE (Apa yang Ingin Saya Miliki?)

  • Ilmu yang bisa diwariskan, buku kumpulan resep masakan saya yang berhasil misalnya :D
  • Ilmu terkait ke-rumah tangga-an, parenting atau hal lain yang mendukung cita-cita saya. Bisa lewat buku yang saya baca, kelas online yang saya ikuti, pelatihan, belajar dari pengalaman orang lain, kursus singkat, atau mungkin lanjut sekolah :D
  • Memiliki wadah menulis yang baik, misalnya blog, sebagai tempat sharing dan belajar.
  • Merintis satu rumah belajar di bawah IIP mungkin? Hahaha. Yang menempa kemampuan para ibu dan calon ibu untuk menghadapi praktek ke-rumahtangga-an. Tips mencuci pantat wajan yang hitam misalnya, cara praktis menyusun buah dan sayur dalam kulkas, step by step menggosok sprei super lebar agar cepat licin :D IIP udah ada rumbel begini belum ya? Atau mungkin saya yang kurang update :'D

Dalam hidup ini, yang ingin saya capai adalah menjadi istri dan ibu sholihah kebanggaan keluarga yang disayang oleh suami dan anak-anak, serta bermanfaat bagi orang lain. Terdengar simpel? Oh NO! Tidak sama sekali dalam praktiknya. Oleh karena itu, pada NHW #4 dan NHW #5, saya telah menuliskan beberapa rencana serta target yang ingin saya capai baik dalam kurun waktu setahun ini maupun beberapa tahun ke depan.




Pada dasarnya, saya menyadari bahwa saya adalah tipikal perencana yang cukup baik. Nahhhhh prakteknya juga harus sebaik desain rencananya dong.. hehehe *ngaca lagi* *pecut diri sendiri* :'D




Last but not least, alhamdulillah NHW #7 kemarin dapet badge tepat waktu juga.. bahagiaaaa :D





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi