Friday, June 9, 2017

Nice Homework #4 : Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Alhamdulillah yah. NHW #4 ini sesuatu sekali. Sengaja saya mengerjakannya sore hari jelang waktu berbuka puasa. Karena saya tahu, biasanya kalau kebanyakan mikir, saya bisa jadi laper banget! Wkwk :D

Bukan menyusun kalimatnya yang membuat saya lapar, tapi konsekuensi dari tulisan yang sudah saya buat itulah yang suksess membuat perut saya melilit minta diisi. Saya berusaha sebisa mungkin menyusun jawaban NHW #4 ini dengan bahasa saya sendiri. Bahasa yang mudah saya pahami, tidak berat disandang dan membuat saya termotivasi, bukan justru sebaliknya. FYI, sebelum saya mengerjakan tugas, saya sempat mampir ke beberapa tugas teman-teman lain yang masyaAllah.. saya jadi merasa seperti remahan rengginang yang lama tak tersentuh lalu melempem di dasar toples :"D Tapi kemudian ingat quotes ini dan semangat lagi!

To the world you maybe just one person, but to one person you maybe the world.

Melihat kembali pada tugas NHW #1 yang telah saya kerjakan,


Sampai dengan saat ini, insyaaAllah saya akan tetap memilih jurusan kehidupan sebagai Ibu Cekatan. Dalam definisi saya, Ibu Cekatan adalah ibu yang mumpuni dalam hal pengasuhan anak, pandai mengurus suami, 'prigel' dalam mengerjakan tugas domestik rumah tangga serta mahir memanajemen waktu, sehingga suatu saat bisa menghasilkan sesuatu yang produkif dari rumah dan bisa membantu orang lain dengan usaha tersebut. Mungkin sebenarnya kurang lebih mirip dengan definisi Ibu Profesional dalam bahasa IIP ya.. Hahahha.

Berhubung saya masih suka deg-degan dengan penyebutan kata 'profesional', jadi saat ini biarlah saya menyebut cita-cita itu sebagai Ibu Cekatan. Penamaan yang lebih mudah dicerna oleh ibu yang masih terseok-seok belajar seperti saya :)

Pic from: simpleasthatblog.com


Dari seluruh checklist indikator profesionalisme yang telah saya buat di NHW #2



Perubahan paling mendasar yang saya rasakan adalah NHW #2 ini membantu saya menguatkan komitmen untuk semakin mendewasakan diri dengan tidak mudah ngambek terhadap hal-hal kecil. Peer besar yang masih harus banyak saya perbaiki dalam menjalani peran sebagai istri adalah konsistensi saya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Meskipun sulit, target-target yang saya buat dalam NHW #2 kemarin sangat membantu saya. Semacam ada to do list yang terinstall otomatis di otak saya. Setelah sebelumnya seringkali saya mengerjakan pekerjaan domestik semampunya.

Dalam peran menjadi seorang individu, saya terus mencari ilmu spesifik yang ingin saya geluti. Saya tidak boleh terkena tsunami informasi atas nama aktualisasi diri yang justru akan menghambat peran saya sebagai ibu dengan tugas utama mendampingi tumbuh kembang anak.

Saat menjalankan peran sebagai seorang ibu, saya masih belum konsisten untuk menemani anak bermain tanpa terdistraksi oleh handphone. Walaupun saya telah meminta izin sebelumnya, namun saya seharusnya bisa menunda hal tersebut karena tidak masuk dalam kuadran penting dan mendesak. Screen time menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Selain itu, saya juga belum sepenuhnya konsisten menstimulasi anak dengan beragam permainan. 

Membaca kembali NHW #3 membuat saya berpikir keras untuk iqra'.



Membaca kehendak Allah dan misi spesifik yang telah ditentukan-Nya. Saat ini saya tertarik dengan dunia parenting dan kepenulisan, maka bagi saya, peran dalam kehidupan selanjutnya adalah:

Misi Hidup:

  • Menjadi Ibu Cekatan teladan bagi anak dan keluarga
  • Menulis dan membagikan ilmu yang saya miliki dalam bidang yang ingin saya kuasai.


Bidang: Parenting dan Kepenulisan

Peran: Menjadi inspirator ibu cekatan bagi keluarga sekaligus tempat sharing bagi ibu-ibu yang haus belajar akan kedua ilmu tersebut, baik dalam kehidupan nyata ataupun media sosial dan blog.

Untuk menguasai bidang tersebut, maka ilmu yang ingin saya pelajari adalah sebagai berikut:

  1. Ilmu Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, dan Bunda Shaleha yaitu tentang ilmu pengasuhan anak, manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga, ilmu seputar kemandirian finansial dan ilmu tentang kebermafaatan bagi masyarakat
  2. Ilmu kepenulisan, dalam beberapa tahun ke depan saya akan memfokuskan diri untuk mengisi blog saya dengan berbagai hal bermanfaat seputar dunia pengasuhan anak dan peristiwa-peristiwa lain yang bisa dijadikan pelajaran serta diambil hikmahnya.


Milestone  yang saya tetapkan untuk mencapai keahlian di bidang tersebut dimulai dari tahun 2017 ini adalah sebagai berikut:

KM 0 – KM 1 (tahun ke-1) :

  • Menguasai ilmu seputar Bunda Sayang
  • Melatih diri untuk terus memperbaiki kualitas pekerjaan domestik rumah tangga
  • Menguasai ilmu dasar menulis dan blog
  • Menemukan niche blog dan konsisten menulis minimal 2 topik setiap minggu


KM 1 – KM 2 (tahun ke-2):

  • Menguasai ilmu seputar Bunda Cekatan
  • Men-TLD-kan blog yang saya miliki dan mengelolanya dengan lebih profesional
  • Mulai berpartisipasi dalam lomba-lomba kepenulisan


KM 2 – KM 3 (tahun ke-3):

  • Menguasai ilmu seputar Bunda Produktif
  • Berkecimpung dalam dunia per-blogger-an dan mulai belajar menerima pekerjaan dari hasil ngeblog
  • Lebih serius dalam merintis bisnis jangka panjang


KM 3 – KM 4 (tahun ke-4):

  • Menguasai ilmu seputar Bunda Shaleha
  • Membagi ilmu-ilmu dasar tentang blog kepada mereka yang baru akan memulai
  • Tetap konsisten menulis di blog dan mencoba wilayah-wilayah kepenulisan lain
  • Mengelola bisnis dengan lebih profesional


Pada NHW #2 rencana saya untuk mulai merintis bisnis belum saya tuliskan. Langkah-langkah tersebut akan saya cantumkan agar saya juga mengkhususkan waktu untuk membaca peluang bisnis jangka panjang yang akan saya kerjakan.

Selebihnya, saya merasa perencanaan saya sudah sangattt cukup dan tinggal tahap PELAKSANAANnya. Semoga Allah memampukan saya untuk konsisten atas semua rencana yang telah saya buat. Aamiin.



Alhamdulillah, NHW #4 bisa selesai juga dengan tepat waktu. Sudah mengincar badge hijaunya yang cantik sangat. Kalau yang satu ini apresiasi IIP atas pengumpulan NHW #3 saya kemarin yang tepat waktu :)




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi